oleh

Tingkatkan Produksi Jagung, 14 Ton/Ha

banner 728x90

Bengkulu Selatan, Bengkulu Post co.id – Guna mendukung gerakan menanam jagung yang telah digaungkan pemerintah pusat melalui pemerintah Provinsi, saat ini produksi jagung terus ditingkatkan setiap tahun oleh dinas pertanian. Bahkan petani diminta untuk tidak rendah diri dan selalu mengusahakan lingkungan sekitar menjadi bermanfaat dengan cara manfaatkan perkarangan, setidaknya bagi keluarga sendiri. Hal itu diungkapkan Gubernur Bengkulu Dr.Drh Rohidin Mersyah MMA dalam sambutannya saat melaksanakan gerakan panen jagung bersama di Kelurahan Tanjung Mulya, Kecamatan Pasar Manna yang dikelola kelompok tani (KWT) Usaha Mandri.

Patut diapresasi hadirnya kelompok tani berpatisipasi dalam upaya peningkatan produk padi dan jagung. Para petani dan penyuluh pertanian diharapkan mengikuti perkembangan teknologi, sehingga pertanian semakin maju dan produksi hasil pertanian terus meningkat.

“Kita mendorong kemajuan pertanian agar produk pertanian meningkat dengan memberikan berbagai bantuan bibit maupun alat pertanian. Dan apa yang diperbuat kelompok tani Mandiri ini merupakan hal yang positif, tentunya patut di contoh oleh KWT yang tesebar di Kabupaten Bengkulu Selatan,’’kata gubernur Bengkulu Dr. Drh Rohidin Mersyah MMA saat panen jagung, Sabtu(9/3/2019).

Ia menagkui mengembangkan komoditi jagung dapat menggerakkan peningkatan ekonomi kerakyatan. Tujuan akhirnya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, mengurangi pengangguran, dan mengurangi tingkat kemiskinan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), Sukarni Dunip SP, MM melalui Kabid Pangan dan Hortikultura Ir Trisman MM, mengungkapkan, beberapa strategi yang dijalankan dalam meningkatkan produksi jagung adalah perluasan areal tanam, peningkatan produksi, pengamanan produksi, dan penguatan lembaga maupun pembiayaan.

“Kami juga langsung ke lapangan melalui penyuluh dengan membina para petani. Berdiskusi kendala apa yang ditemui selama masa tanam. Sehingga petani dalam penanaman tidak akan menemui kendala dan terus meningkatkan produksi,”papar Sukarni.

Disebutkan Trisman, capaian produksi jagung untuk peningkatan produksi jagung cukup menjanjikan bagi petani sebagaimana petani didukung bibit geratis, pupuk geratis, peralatan pertanian. Penanaman jagung pun dapat dengan muda yakni dapat ditanam di lahan selama ini belum dimanfaatkan salah satunya perkarangan rumah. Kita terus memacu masyarakat melalui kelompok tani agar dapat memanfaatkan lahan sebagaiman hasilnya dapat dibuktikan dengan digelarnya panen jagung bersama gubernur Bengkulu, plt Bupati pada lahan yang dikelola kelompok tani Usaha Mandiri dengan luas lahan 10 Ha, peritungan ubinan 8,8 tongkol x 1600 = 14008 kg = 14,08 ton/Ha dikomfersi dalam jagung pipil kering dikurang 30 persen = 14, 08 _ 30/100 = 8,8 ton/Ha. Sebagaimana bantuan bibit dari pemerintah.

“Sesuai dengan arahan gubernur dan plt bupati bahwa setiap kelompok tani harus memanfaatkan pekarangan dan lahan tidur untuk di manfaatkan menjadi lahan pertanian guna mendukung upaya peningkatan produksi padi dan jagung. Sebagaimana tahun 2019 kemabli dinas pertanian kabupaten Bengkulu Selatan mendapatkan alokasi bantuan seluas 8.000 H,’’demikian Trisman.(pis)

Bagikan

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
BENGKULUPOST.CO.ID adalah Situs Berita Online yang mempublikasikan informasi harian secara Real Time. BENGKULUPOST.CO.ID berbadan hukum PT Megapers Media Informasi.Akta Notaris No.39 Tanggal 29 Juni 2016 ,Elia Heriani,SH,M.Kn,Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. AHU-0016578.AH.01.11.tahun 2016 Tanggal 11-07-2016 NPWP: 76.471.666.8-327.000 Telpon.: 0822 9011 3369/0822 9011 3379

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed