oleh

PROGRAM PTSL SEGERA DILUNCURKAN

banner 728x90

Kepahiang – Bengkulu Post.co.id,Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap ( PTSL ) tahun anggaran 2019 segera akan diluncurkan demikian disampaikan Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional Kepahiang Drs. Achmad Mustafid, M.Si didampingi Deki Afrian, SST Kasi Hubungan Hukum Pertanahan diruang kerjanya Jum’at ( 11/1/19 ).

Kepala BPN didampingi Kasi Hubungan Hukum Pertanahan.

Dikirim oleh Bengkulu Post pada Jumat, 11 Januari 2019

Menurut Kakan BPN ” Sekarang lagi In Program PTSL yang dahulu dikenal dengan nama Prona, PTSL jelasnya ” Dalam suatu wilayah di desa tersebut akan diukur, lengkap akan dipetakan ( gambar ) semua baik yang mendaftar sertifikat ataupun tidak ” sampai Kakan.
Beliau menjelaskan ” Dahulu program nasional ( prona ) cara kerjanya pabila dianggarkan misalnya 50 bidang maka yang akan dipetakan tetap 50 bidang, Tidak melihat yang lain dalam desa tersebut, Sekarang menurutnya berbeda semua bidang tanah dalam satu desa semuanya akan disensus dan di plot satu Peta ” jelas Mustafid.

Kasi Humas BPN

Dikirim oleh Bengkulu Post pada Jumat, 11 Januari 2019

Diketahui pada anggaran 2018 Badan Pertanahan Nasional Kepahiang mendapat 5000 bidang pengukuran dengan target sertifikatnya berjumlah 4250 persil sisanya untuk mengeplot tanah tanah yang tidak ikut disertifikatkan karena sudah ada sertifikat.
Drs. Achmad Mustafid, M.Si menambahkan ” Pada tahun anggaran 2019 BPN Kepahiang mendapat 2000 bidang, sertifikatnya berjumlah 1360 persil dan untuk lokasinya menurut Kakan ” Belum dapat diinformasikan karena masih meraba raba, akan berkoordinasi dengan desa, akan mengadakan penyuluhan apabila mendapat tanggapan menurutnya maka ditetapkan SK lokasi, Setelah itu baru berkoordinasi dengan desa bersama pihak Kejaksaan, Kepolisian untuk melakukan musyawarah ( dijadwalkan akhir Januari ) penentuan lokasi ” sampainya.
Ditanya apa himbauan BPN kepada calon penerima sertifikat?
Kakan mengharapkan ” Agar bekerja lebih giat lagi baik BPN Kepahiang maupun pemerintah desa, Pemerintah desa harus menunjukkan semua persil didesa tersebut bukan hanya yang mendaftar, Intinya semua persil bidang tanah akan BPN data, mana yang mau ikit disertifikatkan, mana tanah yang ada sertifikat, mana tanah yang belum disertifikatkan akan tetapi belum mau atau kurang persyaratan sehinga baru didata saja belum mendapat sertifikat ” terang Mustafid.
Tujuan diselenggarakan program PTSL adalah untuk tertib administrasi Pertanahan, Kalau sudah diplot semua menurut Kakan ” Dapat diketahui tanah milik siapa, Batas batas tanah setelah diterbitka sertifikat, juga sertifikat dapat dipergunakan sebagai agunan untuk permodalan khususnya pinjaman di bank ” tutup Kakan. ( stv/ gly )

Bagikan

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
BENGKULUPOST.CO.ID adalah Situs Berita Online yang mempublikasikan informasi harian secara Real Time. BENGKULUPOST.CO.ID berbadan hukum PT Megapers Media Informasi.Akta Notaris No.39 Tanggal 29 Juni 2016 ,Elia Heriani,SH,M.Kn,Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. AHU-0016578.AH.01.11.tahun 2016 Tanggal 11-07-2016 NPWP: 76.471.666.8-327.000 Telpon.: 0822 9011 3369/0822 9011 3379

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed