oleh

Apa Kata Dunia Medis Soal Fenomena ‘Dijilat Setan’?

banner 728x90

Di tengah kemajuan peradaban modern yang serba canggih, masyarakat Indonesia masih kental diselimuti oleh macam-macam kepercayaan dan mitos yang berbau gaib. Salah satunya adalah fenomena luka memar yang tiba-tiba muncul di kulit dan tanpa sebab jelas. Katanya sih, ini karena Anda ‘dijilat setan’. Eits, tunggu dulu. Fenomena “klenik” ini dapat dijelaskan secara sederhana dalam dunia medis. Simak penjelasannya di bawah ini, tanpa perlu bulu kuduk merinding ketakutan

Bukan karena dijilat setan, ini penyebab kulit bisa tiba-tiba memar

Luka memar akibat ‘dijilat setan’ ini muncul sebagai bintik ungu kecil tepat di bawah permukaan kulit, yang seringnya timbul di paha, bokong, dan lengan atas. Dalam dunia medis, luka memar tiba-tiba yang muncul tanpa alasan jelas disebut dengan istilah purpura simplex. Ini adalah hal yang sangat umum terjadi.

Meskipun Anda tidak terbentur atau terjatuh, purpura simplex bisa tetap terjadi kapanpun dan di manapun. Pasalnya, memar “ajaib” ini disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah kecil yang memang rapuh. Pecahnya pembuluh darah ini kemudian menyebabkan darah menggenang tepat di bawah kulit. Meski begitu, belum diketahui pasti apa yang bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah dan bagaimana itu bisa terjadi.

Purpura simplex lebih sering terjadi pada wanita akibat pengaruh hormon. Oleh karena itu, memar yang katanya karena ‘dijilat setan’ ini juga sering muncul bersamaan dengan siklus menstruasi atau ketika tubuh Anda sedang sangat kelelahan. Kulit yang mudah memar juga dapat dipengaruhi oleh kerja pembekuan darah yang tidak berjalan dengan baik.

Tak jarang juga, ada beberapa kondisi kesehatan serius yang bisa menjadi penyebab mengapa timbul memar tiba-tiba di tubuh Anda. Contohnya adalah hemofilia dan trombositopenia. Hemofilia adalah penyakit turunan langka yang menyebabkan darah sangat sulit membeku karena kekurangan jenis protein tertentu. Sementara itu, trombositopenia adalah suatu gangguan darah yang menyebabkan tubuh kekurangan kepingan darah (trombosit). Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya anemia, infeksi virus, konsumsi alkohol berlebihan, leukimia, obat-obatan kemoterapi, kehamilan, dan faktor keturunan.

Konsumsi obat-obatan tertentu bisa menyebabkan memar tiba-tiba muncul

Luka memar di tubuh yang muncul tiba-tiba tanpa alasan jelas bukan disebabkan oleh “jilatan setan” atau gangguan makhluk halus lainnya. Tapi jika Anda tidak mengalami atau memiliki salah satu faktor risiko di atas, memar bisa muncul ketika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, contohnya obat jenis aspirin,warfarin, clopidogrel, dan prasurgel, yang termasuk golongan pengencer darah sehingga bisa meningkatkan volume peredaran darah. Darah yang mengalir deras bisa menggembungkan pembuluh darah sehingga pecah dan timbul memar.

Apakah kondisi ini berbahaya?

Kabar baiknya, Anda tidak perlu buru-buru mengunjungi “orang pintar” begitu ‘dijilat setan’. Purpura simplex adalah kondisi medis yang tidak berbahaya dan bisa hilang sendiri tanpa diobati (jika tidak berkaitan dengan penyakit lain, ya).

Tapi ada baiknya Anda memerikasan dan berkonsultasi ke dokter perihal timbulnya memar tiba-tiba, terutama jika munculnya cukup sering. Dokter mungkin akan meresepkan Anda obat kortikosteroid. Obat ini dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Setelah jumlah trombosit Anda kembali ke jumlah yang normal. Biasanya setelah mengonsumsi obat ini, 2-6 minggu kemudian bercak memar akan menghilang.

Bagikan

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
BENGKULUPOST.CO.ID adalah Situs Berita Online yang mempublikasikan informasi harian secara Real Time. BENGKULUPOST.CO.ID berbadan hukum PT Megapers Media Informasi.Akta Notaris No.39 Tanggal 29 Juni 2016 ,Elia Heriani,SH,M.Kn,Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. AHU-0016578.AH.01.11.tahun 2016 Tanggal 11-07-2016 NPWP: 76.471.666.8-327.000 Telpon.: 0822 9011 3369/0822 9011 3379

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed