oleh

Besaran Dana Kelurahan Tergantung Strata

banner 728x90

BENGKULU UTARA,bengkulupost.co.id-Mulai tahun ini, pemerintah pusat akan mulai menggelontorkan dana kelurahan. Total dana yang akan digelontorkan ke 8.122 kelurahan se-Indonesia mencapai Rp 3 triliun.

Di Bengkulu Utara sendiri, menurut Sekkab BU, Dr. Haryadi SPd, MM, M.Si ada lima kelurahan yang dipastikan akan mendapat kucuran dana pusat ini.

“Mengenai berapa besaran yang akan dikucurkan ke masing-masing kelurahan saya belum berani memastikan sebab takut salah. Yang pasti tahun ini ada lima kelurahan yang dapat,” ujarnya.

Dijelaskan Haryadi peruntukan dana kelurahan ini hampir sama dengan dana desa. Yakni untuk pembangunan sarana dan prasarana pelayanan publik serta untuk pemberdayaan masyarakat di tingkat kelurahan.

“Kita harapkan dengan adanya dana kelurahan di tahun 2019 ini daerah kita semakin maju,”  tandasnya.

Merujuk laman Sekretariat Negara di setkab.go.id, dana kelurahan merupakan anggaran yang dialokasikan khusus untuk kelurahan dengan besaran yang berbeda dengan dana desa.

“Besaran jumlah alokasi anggaran tentu berbeda dengan jumlah dana desa, luas wilayah kelurahan kecil, walaupun mungkin kalau jumlah penduduk lebih banyak dari desa, tapi kan berbeda masalahnya, infrastruktur di desa lebih komplek dan luas,” demikian keterangan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang tertera dalam laman Sekretariat Negara Sabtu (21/10/2018).

Pada prinsipnya, dana kelurahan sama dengan dana desa, yakni untuk mendukung pembangunan dan meningkatkan perekonomian masyarakat di kawasan tersebut. Namun, alasan mendasar membuat program dana kelurahan adalah karena banyak keluhan dari masyarakat terkait operasional untuk tingkat kelurahan.

Sementara itu, Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo dikutip dari cnnindonesia.commenegaskan alokasi dana kelurahan akan berbeda antara satu kelurahan dengan kelurahan lainnya. Yakni mengacu pada perbedaan strata dari kelurahan- kelurahan yang ada.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan seluruh kelurahan di Indonesia akan dibagi tiga bagian, yakni kelurahan kondisi baik, sedang, dan tertinggal. Dana kelurahan dipastikan tidak menggantikan anggaran kelurahan yang sudah dialokasikan kabupaten dan kota melalui peraturan perundang-undangan.

“Kabupaten yang memiliki lurah dan desa maka dana kelurahannya minimal sama dengan dana desa paling kecil atau 10% dari dana bagi hasil dari apbd dikurangi DAK,” tutur mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini.

Dana kelurahan ditegaskan guna meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan sehingga kesejahteraan warga sekitar bisa meningkat. Sehingga tak ada lagi keluhan ketimpangan sosial kota dan desa yang selama ini menerima dana desa.(SUPRIYADI)

Bagikan

Tentang Penulis: Adjie Satria

Gambar Gravatar
BENGKULUPOST.CO.ID adalah Situs Berita Online yang mempublikasikan informasi harian secara Real Time. BENGKULUPOST.CO.ID berbadan hukum PT Megapers Media Informasi.Akta Notaris No.39 Tanggal 29 Juni 2016 ,Elia Heriani,SH,M.Kn,Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. AHU-0016578.AH.01.11.tahun 2016 Tanggal 11-07-2016 NPWP: 76.471.666.8-327.000 Telpon.: 0822 9011 3369/0822 9011 3379

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed