oleh

Jangan Biarkan Stres Mengganggu Tidur, Begini Caranya Agar Tetap Nyenyak

banner 728x90

Tidur adalah kebutuhan setiap orang. Ya, memang menyenangkan jika bisa tidur nyenyak di malam hari setelah lelah seharian beraktivitas. Namun, tidur terasa tidak enak jika Anda sedang berada dalam tekanan atau stres. Tidur tak lagi nyenyak, bahkan untuk menutup mata saja sulit. Tak perlu cemas, begini cara tidur nyenyak meski sedang stres.

Cara tidur nyenyak saat stres

Stres bisa diakibatkan oleh berbagai hal dari mulai pekerjaan yang menumpuk, masalah keluarga, masalah dengan pasangan, atau masalah dengan diri sendiri. Saat stres, kadar hormon kortisol di dalam tubuh meningkat dan memicu hormon penyebab peradangan yaitu sitokin.

Sitokin yang berlebih di dalam tubuh bisa membuat Anda menjadi susah tidur. Nah, agar Anda bisa tetap tidur dengan nyenyak dan berkualitas, berikut berbagai tips yang bisa dicoba.

1. Buat tubuh dan pikiran rileks

manfaat meditasi untuk kesehatan yoga

Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan stres ialah dengan melakukan relaksasi tubuh dan juga pikiran. Meditasi menjadi salah satu cara ampuh yang bisa Anda lakukan untuk merilekskan tubuh dan menenangkan pikiran.

Meditasi adalah latihan yang dilakukan untuk menciptakan pikiran dan tubuh yang rileks tanpa memerlukan alat bantu khusus. Anda hanya perlu melakukannya di suasana yang tenang.

Anda bisa melakukan meditasi dengan cara memusatkan pikiran sembari duduk bersila. Setelah itu, ambil napas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan. Lakukan berulang kali hingga Anda merasa tenang dan jauh lebih baik.  Cobalah praktikkan setiap hari satu hingga dua jam sebelum tidur.

2. Olahraga teratur

pengaruh olahraga pada kondisi kulit

Olahraga secara teratur membantu tubuh untuk menurunkan hormon kortisol dan epineprin. Sebaliknya, kadar hormon norepineprin atau hormon antidepresan justru meningkat. Selain itu, olahraga juga memicu peningkatan hormon bahagia, yaitu hormon serotonin dan endorfin.

Dikutip dari American Psychological Association, olahraga juga dapat memaksa tubuh untuk bekerja lebih optimal, termasuk sistem saraf. Jadi, hal ini bisa menjadi pertahanan dalam menghadapi stres.

Usahakan untuk berolahraga minimal dua jam sebelum tidur agar suhu dapat kembali normal.  Dengan begitu, tubuh menjadi lebih rileks dan Anda pun bisa tidur dengan nyenyak.

3. Mandi air hangat

Mandi dan berendam air hangat sebelum tidur bisa menjadi salah satu cara relaksasi yang nyaman. Air hangat membantu menenangkan tubuh dengan melepaskan hormon endorfin.

Bahkan, menurut Dr. Bobby Buka, seorang dokter kulit asal New York, menyatakan bahwa berendam air hangat bisa membantu membangkitkan semangat karena aliran darah ke kulit meningkat. Dengan begitu, pikiran akan masalah yang dimiliki tergantikan dengan pikiran positif yang membuat Anda semangat untuk menjalani hari esok.

Apalagi, jika setelah mandi kemudian Anda masuk ke kamar dengan suhu yang sejuk maka rasa kantuk akan semakin terasa. Pasalnya, udara yang sejuk membuat suhu internal tubuh menurun dan secara otomatis membuat Anda mengantuk.

4. Tidur di jam yang sama

tidak cukup tidur

Meski sulit, tetapi Anda perlu mencoba untuk menetapkan jadwal tidur yang sama setiap harinya. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk menetapkan konsistensi demi mendapatkan jam tidur yang cukup dan berkualitas. Untuk membantu Anda tidur di waktu yang sama setiap harinya, cobalah untuk menghentikan aktivitas satu jam sebelum waktu tidur Anda.

Kemudian, bersiaplah untuk tidur di kamar yang sudah Anda persiapkan senyaman mungkin. Setelah itu, jauhkan gawai (gadget) dari tempat tidur Anda dan matikan lampu. Meski Anda merasa belum mengantuk tetapi tetap pejamkan mata. Lama kelamaan, Anda akan tertidur dengan sendirinya.

Berbagai cara tidur nyenyak ini tidak akan terwujud tanpa komitmen dan niat yang kuat. Tanamkan dalam pikiran bahwa Anda mencintai tubuh Anda dan jangan biarkan stres merenggutnya, termasuk waktu tidur berkualitas yang seharusnya Anda dapatkan.

Bagikan

Tentang Penulis: Adjie Satria

Gambar Gravatar
BENGKULUPOST.CO.ID adalah Situs Berita Online yang mempublikasikan informasi harian secara Real Time. BENGKULUPOST.CO.ID berbadan hukum PT Megapers Media Informasi.Akta Notaris No.39 Tanggal 29 Juni 2016 ,Elia Heriani,SH,M.Kn,Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. AHU-0016578.AH.01.11.tahun 2016 Tanggal 11-07-2016 NPWP: 76.471.666.8-327.000 Telpon.: 0822 9011 3369/0822 9011 3379

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed