oleh

KKN UM-PURWOKERTO 2018 TERPUSAT DI BEBERAPA KOTA/KECAMATAN DI WILAYAH BREBES SELATAN

banner 728x90

Mahasiswa peserta KKN UMP di Plopong Krajan 2018

BREBES-Lembaga Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)melaksanakan pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Enam Kabupaten yaitu Kabupaten Kebumen, Banjarnegara, Purbalingga, Cilacap, Brebes dan Kabupaten Banyumas, di ruang A.K Anshori. Pembekalan diikuti sedikitnya 1.200 orang mahasiswa yang nantinya menjadi pelaksana kegiatan KKN selama satu bulan.

Pembukaan Pembekalan KKN dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UMP Anjar Nugroho yang dalam sambutannya menyampaikan program KKN merupakansalah satu program yang harus dilalui untuk meraih gelar S1.

“Dalam pendidikan di Indonesia hanya S1 yang ada program KKN, di SD, SMP, SMA, S2 dan S3 tidak ada program semacam ini, karena KKN dipersiapkan untuk calon sarjana yang nantinya setelah wisuda dapat mengabdi di masyarakat dan mengembangkan ilmu di masyarakat,” ujarnya.

Dwi Lastuti,staf pengajar SDN 01 Plompong Krajan

Sementara itu, Ketua LPPM UMP Suwarno, mengatakan KKN adalah salah satu program kurikulum yang wajib diikuti oleh mahasiswa S1 di UMP. “Ada 1200 mahasiswa yang mengikuti KKN terdiri dari semua Fakultas yang ada di UMP,” ungkapnya.

Suwarno mengungkapkan pada KKN kali ini LPPM UMP membuka dua jenis KKN yakni KKN Reguler dan KKN Muhammadiyah untuk Negeri. KKN Muhammadiyah untuk negeri merupakan KKN yang diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di Indonesia yang ditempatkan disuatu wilayah dan wilahyahnya berbeda tiap tahun.

“Kebetulan untuk KKN Muhammadiyah untuk Negri pada tahun 2018 UM Purwokerto menjadi tuan rumahnya. Dari 1.200 mahasiswa tersebut nantinya akan disebar ke beberapa wilayah yakni kabupaten Brebes, kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Purbalingga, dan Kabupaten Cilacap,” ungkapnya.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, jembatan dan luar ruangan

Fathoni Lurah Plompong 

Lebih lanjut, Suwarno menjelaskan, ada empat program yang harus dilakukan untuk mahasiswa yang mengikuti KKN yaitu program Keagamaan, Keilmuan, Olahraga dan Kesenian serta Tematik.

Dijelaskan, program KKN dalam satu tahun akademik ini dilaksanakan dua kali yakni periode semester genap dan semester gazal, hal ini dilakukan dengan alasan untuk lebih mempercepat kelulusan mahasiswa.

“Melalui program ini, saya berharap para mahasiswa UMP kelak bisa menjadi tokoh masyarakat dan pemimpin yang berkualitas, serta memiliki kepekaan dan kedekatan dengan masyarakat, kami juga berharap, program KKN yang dilaksanakan mahasiswa UMP bisa memberi manfaat bagi masyarakat kususnya Plompong Krajan melalui program-program pemberdayaan yang dilaksanakan,” kata ibu Dwi Lastuti salah satu staf pengajar di SDN 01 Plompong yang juga merupakan tuan rumah pos KKN UMP di Desa Plompong.

Gambar mungkin berisi: 17 orang, orang tersenyum, orang berdiri, bunga, luar ruangan dan alam

Lurah  Kelurahan Plompong,Fathoni mengatakan,  Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)  KKN UM Purwokerto  , yang terpusat di Plompong Krajan,  para mahasiswa tersebut akan melaksanakan prorgam KKN dilaksanakan selama 32 hari dengan jam efektif 256 jam yaitu dari tanggal 24 Juli sampai dengan  tanggal  26 Agustus 2018. Unggulan program KKN yang dilaksanakan UMP, adalah di bidang keagamaan. Misalnya, dengan menggalakkan kegiatan subuh berjama’ah bagi masyarakat di lokasi KKN.

 

Brebes kembai menjadi tujuan KKN mengingat semakin banyaknya jumlah mahasiswa di UMP, sehingga membutuhkan banyak daerah untuk pelaksanaan KKN. Apresiasi juga diberikan oleh Lurah Plompong Krajan Fathoni  yang sangat terbuka dan menerima mahasiswa UMP yang jumlahnya tidak sedikit.

Fathoni  berharap dengan adanya KKN mahasiswa UMP dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat baik dibidang kesehatan, pendidikan maupun ekonomi Desa Plompong.

 Mereka,para mahasiswa/I yang melakukan tugas KKN di Plopong krajan antara lain:

 1. Resnu Arif Prasetya (Prodi Manajemen)

2. Donny Ramadhan (Akuntansi)

3. Dwi Lestari (Manajemen)

4. Nurianto (Pgsd)

5. Anis Sofiana (Pgsd)

6. Nova Andrian Purba (P. Biologi)

7. Linatul Chulqi (Teknik Kimia)

8. Dewi Khajar Rokhmah (Pendidikan Agama Islam)

9. Asrifah Nur Siyam (Teknik Sipil)

10. Minarti Saraswati (Keperawatan)

 Semoga ilmu yang telah di dapat selama mengikuti KKN akan bermanfaat dan berguna bagi masyarakat juga keluarga.(ADJIE SATRIA)

 

Bagikan

Tentang Penulis: Adjie Satria

Gambar Gravatar
BENGKULUPOST.CO.ID adalah Situs Berita Online yang mempublikasikan informasi harian secara Real Time. BENGKULUPOST.CO.ID berbadan hukum PT Megapers Media Informasi.Akta Notaris No.39 Tanggal 29 Juni 2016 ,Elia Heriani,SH,M.Kn,Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. AHU-0016578.AH.01.11.tahun 2016 Tanggal 11-07-2016 NPWP: 76.471.666.8-327.000 Telpon.: 0822 9011 3369/0822 9011 3379

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed