oleh

KKN UMP Dibekali Adab Bermasyarakat Siap Mengabdi Untuk Negeri,

banner 728x90

BREBES-Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) merupakan kegiatan untuk memaksimalkan potensi mahasiswa mengabdi di masyarakat. Berangkat dari hal tersebut, bertepatan pada Senin (23/07/2018) di Lapangan UMP telah diselenggarakan pelepasan KKN UMP 2018. Turut hadir Rektor UMP Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, M.H., Dekan Fakultas, dan Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMP Dr. Suwarno, M.Si.,

KKN UMP Mengabdi untuk Negeri

Pelepasan KKN UMP tahun 2018 dikuti oleh sebanyak 1421 mahasiswa yang  terbagi menjadi tiga program KKN yakni sebanyak 1335 Mahasiswa UMP, KKN Muh didikuti oleh 56 Mahasiswa UMP, dan KKN PPM sejumlah 30 Mahasiswa UMP.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, berdiri, pohon dan luar ruangan

Suwarno menyampaikan kepada peserta KKN UMP untuk selalufokus terhadap program kerja yang telah direncakan. Seperti halnya yang telah dilakukan mahasiswa KKN angkatan sebelumnya, yang berfokus dalam pengentasan kemiskinan di Purbalingga.

Mahasiswa KKN UMP di Brebes Dibekali Adab Bermasyarakat

“Tidak kalah pentingnya, program pendukung juga harus dilaksanakan. Sehingga, tantangan dalam pengentasan kemiskinan dapat segera terealisasi, “ pungkas Suwarno.

Dilanjutkan oleh Rektor UMP,  ia menyampaikan bahwa keikutsertaan mahasiswa UMP dalam program KKN,  sejatinya harus dimaknai sebagai bagian dari proses pembelajaran dan pembentukan karakter sebagai pemimpin bangsa di masa depan.

Foto bersama usai kegiatan perawat cilik

Syamsuhadi juga menyontohkan pemimpin di masa depan dapat melihat sosok almarhum Sais Tuhuleley yang merupakan kader Muhammadiyah dalam bidang Pemberdayaan Masyarakat. Kiprah, Peserta KKN UMP di masyarakat harus dapat menyelesaikan persoalan yang muncul di masyarakat dengan cara merangkul masyarakat untuk menemukan solusi.

Hanya sebuah pemanis dari mbak KKN veni dan lelita

“Saya berharap, kegiatan KKN UMP ini akan menjadi  jalan dakwah sosial, seperti yang selalu diserukan oleh almarhum Said Tuhuleley aktivis pemberdayaan masyarakat Muhammadiyah, “ ungkapnya.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bagian dari pendewasaan, pengabdian masyarakat, dan bagian dari hidup bersama dengan masyarakat.

Gambar mungkin berisi: Dwi Lastuti, tersenyum, dekat

Dwi Lastuti Guru/tenaga pengajar SDN I Plompong Krajan

“Mahasiswa nantinya terjun ke masyarakat akan dianggap sebagai mahasiswa yang berperadaban, mahasiswa yang merupakan masyarakat madani, yang modern. Maka dari itu lah sebagai masyarakat modern kita harus bisa mengaplikasikan ilmu kita dengan diiringi adab,” jelas Ibu Dwi Lastuti salah seorang warga Desa Plompong Yang kebetulan rumahnya di tempati beberapa orang mahasiswa KKN UMP.

Mendampingi anak anak sd 2 manggis lomba gerak jalan

Ibu Dwi Lastuti juga merupakan salah seorang guru/tenaga pengajar di SDN I  Plompong,menambahkan salah satu poin penting dalam materi adab yaitu adab berbusanadan berpakaian. Ia menyampaikan dalam alquran surat Al-A’raf ayat 26. Yang mana dalam ayat tersebut terurat kewajiban untuk menutup aurat dengan pakaian. “Berbusanalah dengan baik sesuai dengan panduan Islam, karena orang akan menilai orang lain pertama dari penampilannya maka gunakan pakaian yang menutupi aurat, melindungi diri dari panas dan dingin serta menjauhkan bahaya,” tambahnya.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, termasuk Renny Sensiyati S, orang berdiri

Ditempat terpisah dipaparkan salah seorang guru SDN I Plompong krajan,Reny Sensiati S, sekitar 220 mahasiswa disebar di 4 kecamatan (Bumiayu, Tonjong, Paguyangan dan Sirampog) dan melaksanakan KKN didesa, masing-masing desa sebanyak 11 mahsiswa. Peserta KKN merupakan mahasiswa dari beberapa fakultas, diantaranya kedokteran, pendidikan serta lainnya, sehingga mereka dapat memberdayakan masyarakat sesuai dengan bidangnya, jelasnya.

Sementara Staf Ahli Bupati Pemda Brebes, Bidang Ekbang, Drs Diding Setiadi yang mewakili Bupati Brebes,ketika di hubungi via handphone oleh GM bengkulupost.co.id  dalam penerimaan mahasiswa KKN UMP tersebut mengatakan, Kabupaten Brebes akan sangat terbantu dengan adanya KKN mahasiswa UMP maupun mahasiswa universitas lainnya sehingga kabupaten Brebes sangat terbuka dengan adanya KKN mahasiswa untuk dapat peningkatan pemberdayaan masyarakat, ujarnya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr Anjar Nugroho MSi mengatakan, KKN mahasiswanya di Brebes bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang. Diantaranya, kesehatan, pendidikan, sosial ekonomi dan lainnya.(ADJIE SATRIA/ADV)

Bagikan

Tentang Penulis: Adjie Satria

Gambar Gravatar
BENGKULUPOST.CO.ID adalah Situs Berita Online yang mempublikasikan informasi harian secara Real Time. BENGKULUPOST.CO.ID berbadan hukum PT Megapers Media Informasi.Akta Notaris No.39 Tanggal 29 Juni 2016 ,Elia Heriani,SH,M.Kn,Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. AHU-0016578.AH.01.11.tahun 2016 Tanggal 11-07-2016 NPWP: 76.471.666.8-327.000 Telpon.: 0822 9011 3369/0822 9011 3379

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed