oleh

Motto Hidup Singkat tapi Bermakna dari Berbagai Tokoh Dunia

banner 728x90

BENGKULUPOST.CO.ID-Tak semangat menjalani hidup selama ini? Ingin hidupmu jadi lebih positif dan termotivasi? Mungkin kamu perlu memiliki motto hidup singkat tapi bermakna yang mudah diingat dalam kehidupan sehari hari.

Dengan memilikinya, hari harimu akan lebih terarah dan bergairah. Saat kamu sedang mengalami hal hal yang membuatmu putus asa, mengingatnya bisa membuat semangatmu kembali terpompa. Kamu pun seakan diingatkan kembali dengan apa yang menjadi tujuan akhirmu selama ini.

Jika kebingungan menentukannya, kamu bisa mengintip dan mencontek kumpulan motto hidup singkat tapi bermakna di bawah ini. Kami sudah mengumpulkannya dari berbagai tokoh dunia yang sudah terkenal akan kesuksesannya. Penasaran apa saja? Ini dia daftarnya.

1. Pablo Picasso

Segala sesuatu yang bisa kau bayangkan adalah nyata. Pablo Picasso

Motto hidup singkat tapi bermakna ini datang dari Pablo Picasso, salah satu pelukis dan seniman paling berpengaruh dari abad ke-20. Yakinlah bahwa semua yang bisa kamu bayangkan di dunia ini juga bisa menjadi nyata. Akan tetapi, tentu saja perlu usaha dan kerja keras untuk mewujudkannya.

Sama halnya seperti lukisan yang bisa hadir di dunia karena imajinasi dari sang pelukis. Namun, akan tetap menjadi kanvas kosong jika sang pelukis tak pernah menorehkan kuasnya.

2. James Dean

Bermimpilah seakan kau akan hidup selamanya. Hiduplah seakan kau akan mati hari ini. James Dean

Kamu mungkin sudah pernah mendengar motto hidup singkat tapi bermakna di atas. Kita memang perlu memiliki mimpi dan cita-cita tinggi yang akan mendorong kita untuk terus maju.

Meski demikian, bukan berarti kita hanya boleh memandang ke depan dan mengabaikan kehidupan sekarang. Kita juga perlu menjalani hidup hari ini dengan sungguh-sungguh agar tak ada penyesalan suatu hari nanti.

3. Mary Anne Radmacher

Memilihlah dengan tanpa penyesalan. Mary Anne Radmacher

Dalam menjalani hidup, kita akan dihadapkan dengan berbagai pilihan. Baik pilihan yang mudah diputuskan, sampai pilihan yang sangat sulit bahkan mungkin membutuhkan pengorbanan. Salah satunya, pilihan dalam menentukan impian.

Sebelum memilih, pastikan kamu sudah mempertimbangkan masak-masak konsekuensi yang akan kamu terima. Sehingga, tidak akan ada penyesalan dan kekecewaan yang kamu rasakan kelak.

4. Albert Einstein

Hidup ini seperti sepeda. Agar tetap seimbang, kau harus terus bergerak. Albert Einstein

Bukan hidup namanya kalau selalu mulus tanpa kerikil kecil maupun batu besar yang menghalangi. Bahkan, ada kalanya kita merasa galau dan takut untuk terus bergerak maju. Padahal, seperti motto hidup singkat keren di atas, hidup ini layaknya sebuah sepeda yang berjalan. Kita harus terus mengayuhnya agar tetap seimbang dan tak jatuh.

Sesekali menengok spion pun tak masalah agar kita tahu apa yang ada di belakang dan tak sembarangan menyeberang. Tapi, jangan terus-terusan menatap spion itu karena kamu jadi tak tahu apa yang ada di depanmu dan berisiko menabraknya. Begitu juga dengan hidup ini. Berhentilah meratapi dan menyesali masa lalu. Bangkitlah dan bergerak maju demi meraih impianmu.

5. Magdalena Neuner

Lakukan yang terbaik, sehingga aku tak akan menyalahkan diriku sendiri atas segalanya. Magdalena Neuner

Motto hidup singkat tapi bermakna ini datang dari Magdalena Neuner, mantan atlet biathlon dari Jerman. Motto hidup ini sukses membawa Magdalena menjadi atlet wanita terbaik dalam Biathlon World Championship.

Tak hanya berlaku dalam olahraga saja, kata kata keren banget di atas juga berlaku dalam segala hal. Curahkan usahamu dalam hal apapun, niscaya kamu akan menerima apapun hasilnya tanpa penyesalan.

Motto Hidup Singkat Bermakna tentang Keberanian

1. Franklin D. Roosevelt

Satu-satunya hal yang harus kita takuti adalah ketakutan itu sendiri. Franklin D.Roosevelt

Rasa takut sering kali menghalangi diri kita untuk meraih kesuksesan. Padahal, ketakutan yang kita rasakan terkadang berlebihan dan tak pernah menjadi nyata. Di saat-saat seperti itu, ingatlah motto hidup sukses dari mantan Presiden Amerika Serikat ini.

Yakinlah bahwa semua ketakutan itu hanya ada dalam benakmu saja. Percayalah bahwa kamu memang layak mendapatkan kesuksesan. Jangan biarkan ia pergi begitu saja hanya karena ketakutan yang semu itu.

2. Christoper Colombus

Kau tak akan pernah mampu menyeberangi lautan sampai kau berani berpisah dengan daratan. Christopher Colombus

Motto hidup singkat tapi bermakna dari Colombus ini mengajarkan kita untuk berani mengambil risiko. Tanpa keberanian dan pengorbanan, kita tidak bisa mengharapkan sesuatu yang besar.

Jika kamu menginginkan kesuksesan, berjuanglah untuk mendapatkannya. Di tengah jalan, mungkin kamu akan menghadapi berbagai halangan. Jangan berbalik arah dan menyerah. Terus hadapi agar suatu saat kamu bisa melihat kesuksesan di seberang sana.

3. Eleanor Roosevelt

Lakukan hal-hal yang kau pikir tidak bisa kau lakukan. Eleanor Roosevelt

Sering kali kita menghindari hal-hal yang kita pikir tidak bisa melakukannya. Padahal sebenarnya, alih-alih menghindar, kita justru perlu menghadapi dan melakukannya. Kadang, dibutuhkan sedikit tekanan untuk mengeluarkan kemampuan kita yang sebenarnya.

Hal-hal yang kamu khawatirkan pun belum pasti akan terjadi. Seperti motto hidup sukses dari Franklin D. Roosevelt ini, kadang ketakutan hanya ada dalam pikiranmu semata. Bukan tidak mungkin kamu akan dikejutkan dengan kemampuanmu yang sebenarnya. Setelah berhasil, baru kamu akan menyesal kenapa tidak melakukannya lebih awal.

4. Henry Ford

Apakah kau berpikir kau bisa atau tidak, kau benar. Henry Ford

Kekuatan pikiran memang tidak boleh disepelekan. Sama seperti kebahagiaan, kemampuan sebenarnya juga datang dari dalam diri kita.

Jika kamu merasa tidak mampu melakukan sesuatu, kamu benar-benar tidak akan bisa melakukannya. Sebaliknya, kamu akan menemukan jalan keluar selama kamu merasa optimis.

5. Theodore Roosevelt

Yakinlah kau bisa dan kau sudah separuh jalan menuju ke sana. Theodore Roosevelt

Ragu mengambil langkah pertama acap kali menjadi penghambat dalam melakukan sesuatu. Padahal setelah langkah pertama kita ambil, ternyata semuanya tak serumit yang kita bayangkan.

Keyakinan pun tak kalah penting dengan langkah pertama. Sebelum menggapai tujuanmu, yakinlah bahwa kamu bisa. Semuanya akan terasa lebih mudah dan kamu akan lebih cepat meraih targetmu.

Motto Hidup Singkat Keren untuk Perbaikan Diri

1. Napoleon Hill

Jangan pernah menunggu. Waktunya tidak akan pernah tepat. Napoleon Hill

Satu lagi motto hidup orang sukses yang bisa kamu contoh. Kutipan bijak singkat di atas mengajarkan kita untuk bisa segera bertindak tanpa terlalu banyak pertimbangan. Perencanaan memang penting, tapi bukan berarti perancanaan itu harus 100% sempurna dari awal. Tidak ada hal di dunia ini yang benar-benar sempurna dan tanpa cela.

Terlalu lama menunggu, kesempatan dan waktumu bisa hilang begitu saja. Lebih baik, jalani dan belajarlah dari kesalahan-kesalahanmu. Karena dengan memperbaiki kesalahan itulah satu-satunya cara menuju kesempurnaan.

2. Aristoteles

Kebahagiaan itu bergantung pada dirimu sendiri. Aristoteles

Mungkin kamu sudah sering mendengar kata-kata mutiara penyemangat ini sehari-hari. Namun, siapa sangka kutipan ini sebenarnya datang ribuan tahun lalu dari Aristoteles. Ya, sejak dulu, Aristoteles bahkan sudah tahu bahwa kebahagiaan sebenarnya datang dari diri sendiri.

Apapun keadaannya, jika kamu memutuskan untuk berbahagia, maka kamu akan berbahagia. Sebaliknya, seberuntung apapun kamu, jika tetap merasa kurang, maka kamu tidak akan bahagia. Karena itu, berbahagialah! Karena semua keputusan ada di tanganmu.

3. Mahatma Gandhi

Cara terbaik untuk menemukan dirimu sendiri adalah dengan kehilangan dirimu dalam melayani orang lain. Mahatma Gandhi

Pada dasarnya, semua manusia di dunia ini adalah makhluk sosial. Jangan berpikir kamu akan rugi dan kehilangan waktu untuk diri sendiri hanya karena membantu orang lain. Membantu orang lain tak akan mendatangkan kerugian apapun.

Sebaliknya, malah membantu mendatangkan kebahagiaan tersendiri untukmu. Banyak bergaul dengan orang lain juga memberikan pengalaman dan sudut pandang berbeda. Kamu pun bisa lebih mensyukuri hidup dan mengenali diri sendiri.

4. Steve Jobs

Waktumu terbatas. Jangan menyia-nyiakannya dengan menjalani hidup orang lain. Steve Jobs

Motto hidup orang sukses ini cocok untuk kamu yang kurang menghargai diri sendiri. Kata-kata bijak pendiri Apple ini memang benar. Waktumu di dunia ini sangat terbatas, jadi hiduplah untuk dirimu sendiri.

Hidup untuk diri sendiri bukan berarti kita harus egois dan tak perlu membantu orang lain. Tapi, jangan sekali-kali mengambil keputusan hanya untuk menyenangkan orang-orang di sekitarmu. Jangan juga berpura-pura jadi orang lain demi mendapatkan pengakuan atau penghargaan. Lebih baik, cintai dirimu apa adanya. Jalani hidup dengan mengikuti apa kata hatimu sebenarnya.

5. Eleanor Roosevelt

Tak ada yang bisa membuatmu merasa rendah diri tanpa persetujuanmu. Eleanor Roosevelt

Apakah kamu sering merasa rendah diri dan kecil di hadapan orang lain? Jika iya, ingatlah dengan motto hidup singkat tapi bermakna di atas.

Sebenarnya, tak ada orang yang bisa membuatmu merasakannya selain dirimu sendiri. Saat kamu merasa rendah, sama saja kamu mengakui apa yang dituduhkan orang lain. Jadi, bangkitlah dan buktikan kamu bisa.

6. Hinaan untuk Dirimu Sendiri

Jangan membandingkan dirimu dengan siapa pun di dunia ini. Kalau kau melakukannya, sama saja dengan menghina dirimu sendiri.Bill Gates

Kamu pasti sudah sering mendengar bahwa semua manusia di dunia ini diciptakan berbeda. Saudara kembar identik yang mirip satu sama lain pun pasti memiliki sifat yang berbeda.

Lalu, kenapa masih ngotot membandingkan dirimu dengan orang lain? Kamu sudah diciptakan seistimewa mungkin oleh Tuhan, fokuslah mensyukuri semua kelebihan yang ada di dalam dirimu sendiri.

7. Waras atau Gila?

Saat kau menjadi satu-satunya orang waras, kau akan terlihat seperti orang gila.Criss Jami

Sering kali kita ragu menjadi berbeda hanya karena tak mau dicap aneh dan gila. Padahal sebenarnya yang membuat kita terlihat aneh hanyalah karena kita dihadapkan dengan lebih banyak orang yang memiliki pemikiran berbeda. Kalau kita menang jumlah, mungkin pihak seberanglah yang justru dicap aneh dan gila.

Oleh karena itu, tak perlu terlalu memedulikan pendapat orang lain. Selama kamu merasa benar dan tak merugikan mereka, tak masalah mempertahankan prinsipmu sendiri.

8. Lakukan Dua Kali

Mottoku adalah, setiap kau melakukan kesalahan, lakukan dua kali.Neil Finn

Takut melakukan kesalahan merupakan salah satu penghalang untuk menuju kesuksesan. Padahal, dari kesalahan itulah kita bisa termotivasi belajar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Motto hidup singkat tapi bermakna dari Neil Finn di atas bahkan menganjurkan untuk melakukan kesalahan dua kali. Mungkin agar pelajaran yang kita ambil darinya jadi semakin banyak dan tak terlupakan.

9. Kamu, Kamu, Kamu

Satu-satunya orang yang lebih kamu dari kamu adalah kamu sendiri.Dr. Suess

Maksud dari kutipan jenaka di atas, kamulah yang paling mengerti dan memahami dirimu sendiri. Mendengarkan pendapat orang lain boleh saja sebagai bahan pertimbangan. Bahkan perlu dilakukan, karena mungkin ada yang terlewat dari pandanganmu.

Tapi pada akhirnya, tetap kamu yang harus mengambil keputusan karena hal itu akan berpengaruh pada dirimu sendiri. Pastikan keputusan itu benar-benar tepat untukmu.

10. Berharap Lebih

Bersyukur dengan apa yang hanya sedikit, tapi berharap lebih.Charles Lamb

Orang yang tak pernah bersyukur mudah terserang rasa iri terhadap kesuksesan orang lain. Biasanya, ia juga merasa tak tenang karena dikejar-kejar ambisinya sendiri.

Sebaliknya, orang yang terlalu pasrah seakan tak punya gairah untuk meraih sesuatu. Berdirilah di antara keduanya. Tetap bersyukur dengan apa yang kamu miliki, tapi juga tetap berharap dan mengusahakan sesuatu yang lebih.

11. Diselamatkan oleh Nasib Buruk

Kau tak pernah tahu nasib lebih buruk macam apa yang telah dihindarkan oleh nasib buruk darimu.Cormac McCarthy

Saat dihadapkan dengan nasib buruk, kita sering kali merasa kecewa dan putus asa. Tak jarang rasa amarah juga muncul karenanya.

Padahal mungkin saja Tuhan punya maksud tertentu saat mempertemukanmu dengannya. Siapa tahu kalau nasib buruk itu tidak ada, kamu justru akan berhadapan dengan nasib lain yang lebih buruk lagi.

12. Hidup yang Terlalu Misterius

Hidup ini terlalu misterius untuk kau jalani dengan terlalu serius.Mary Engelbreit

Ada banyak misteri yang menunggu untuk dipecahkan di dunia ini. Entah itu masa depan, karir, kehidupan cinta, dll.

Terlalu serius dan pusing memikirkannya justru akan membuatmu ragu untuk melakukan apapun. Lebih baik, nikmati semuanya agar kamu tak letih untuk menjalaninya.

13. Tinggalkan Jejak

Jangan pergi mengikuti ke mana jalan akan berujung. Buat jalanmu sendiri dan tinggalkan jejak.Ralph Waldo Emerson

Pergi menyusuri jalan yang sudah jadi tak akan membuatmu istimewa. Semua orang juga bisa melakukannya.

Kalau ingin jadi unik dan berbeda, buatlah jalanmu sendiri. Tinggalkan pula jejak agar orang lain bisa mengikutimu.

14. Tak Ada Cara Pasti

Tidak ada cara pasti bagaimana sesuatu harus terjadi. Yang ada hanyalah, apa yang terjadi dan apa yang kita lakukan.Terry Pratchett

Percuma saja berandai-andai tentang sesuatu yang sudah terlanjur terjadi. Kamu tak akan pernah bisa mengubahnya.

Tak ada orang di dunia ini yang mampu memprediksi apa yang akan terjadi padanya. Lebih baik, terima nasibmu dan tentukan apa langkah terbaik untuk menghadapinya.

15. Bukan Menjadi yang Terbaik

Impianku bukanlah untuk menjadi yang terbaik. Tapi menjadi seseorang yang tidak akan membuat diriku sendiri malu.Key SHINee

Bermimpi tinggi untuk menjadi yang terbaik boleh-boleh saja. Tapi, ada yang lebih penting dari itu. Yakni menjadi sosok yang tak akan membuat dirinya sendiri malu.

Setiap akan mengambil tindakan dan keputusan, pikirkan efek jangka panjangnya. Apakah hal itu benar-benar bermanfaat untukmu? Apakah itu akan membuatmu bangga? Atau sebaliknya, justru akan mempermalukanmu?

16. Pentingnya Kebaikan

Jadilah baik. Karena kapan pun kebaikan menjadi bagian sesuatu, ia akan membuatnya tampak semakin cantik. Tapi saat kebaikan itu hilang, ia hanya menyisakan noda.Nabi Muhammad

Motto hidup singkat tapi bermakna dari Rasulullah ini menekankan pentingnya kebaikan dalam segala hal. Dengan berlandaskan kebaikan, semuanya akan jadi lebih indah.

Oleh karena itu, motivasi dirimu untuk selalu menyertakannya di setiap kesempatan. Entah itu berupa niat baik, sikap baik terhadap orang lain, prasangka baik, dll.

17. Memperbaiki Hubungan dengan Tuhan

Saat kita memperbaiki hubungan dengan Allah, niscaya Allah akan memperbaiki segala sesuatunya untuk kita.Dr. Bilal Phillips

Putus asa karena segala sesuatunya tak berjalan lancar di dunia ini? Coba introspeksi diri, apakah kamu sedang jauh dari Sang Pencipta?

Seperti motto hidup dalam Islam dari dr. Bilal Phillips ini, perbaikilah hubunganmu dengannya. Selain dapat memberikan ketenangan, yakinlah bahwa Allah akan memperbaiki semuanya untukmu.

18. Kesalahan Terburuk

Kesalahan terburuk adalah ketertarikan kita dengan kesalahan orang lain.Ali bin Abi Thalib

Mencari-cari kesalahan orang lain memang mudah. Kita tinggal menunjuk dan mempertontonkannya kepada semua orang di dunia.

Tapi, terkadang kita lupa. Diri kita sendiri pun penuh dengan kesalahan. Daripada sibuk tertarik dan mencari-cari kesalahan orang lain, lebih baik introspeksi dan perbaiki kesalahan diri sendiri.

19. Berkah dalam Penderitaan

Penderitaan adalah berkah dalam pengampunan-Nya yang tersembunyi.Rumi

Seperti motto hidup singkat tapi bermakna dari Cormac McCarthy sebelumnya, janganlah mudah marah dan putus asa saat menghadapi penderitaan. Yakinlah bahwa Tuhan punya rencana yang lebih baik darimu.

Selain dihindarkan dari penderitaan yang lebih buruk lagi, mungkin Tuhan ingin memberikan kejutan lain untukmu. Atau mungkin, itulah cara tersendiri untuk mengampuni kesalahanmu selama ini.

20. Keindahan yang Paling Utama

Tiada keindahan yang lebih baik daripada kecerdasan.Nabi Muhammad

Ingin memiliki keindahan dan kecantikan yang paling utama di dunia? Tak perlu membeli riasan mahal. Menurut motto hidup singkat tapi bermakna dari Rasulullah ini, keindahan yang paling utama justru datang dari kecerdasan akal dan pikiran.

Percuma saja tampil cantik kalau otak kita kosong melompong karena tak pernah mendapat asupan pengetahuan. Ilmu di dunia ini luas dan tak terbatas. Seraplah sebanyak-banyaknya dan jadilah bijaksana.(*****)

Bagikan

Tentang Penulis: Adjie Satria

Gambar Gravatar
BENGKULUPOST.CO.ID adalah Situs Berita Online yang mempublikasikan informasi harian secara Real Time. BENGKULUPOST.CO.ID berbadan hukum PT Megapers Media Informasi.Akta Notaris No.39 Tanggal 29 Juni 2016 ,Elia Heriani,SH,M.Kn,Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. AHU-0016578.AH.01.11.tahun 2016 Tanggal 11-07-2016 NPWP: 76.471.666.8-327.000 Telpon.: 0822 9011 3369/0822 9011 3379

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed