oleh

H.Bustasar: Data Madrasah Harus Berbasis Digital

banner 728x90

BENGKULU-Sebagai langkah mewujudkan Madrasah hebat dan bermartabat, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs.H.Bustasar MS,M.Pd berharap seluruh data administrasi madrasah khususnya di Provinsi Bengkulu sudah berbasis digital.

“Bukan zamannya lagi data madrasah berupa tumpukan kertas, saat ini data madrasah harus ditampilkan dalam sebuah sistem informasi berbasis digital,” kata H.Bustasar saat memberikan materi Workshop Penguatan Tenaga Teknis Pengelola Sistem Informasi Manejemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Simpatika) Madrasah di Hotel Nala Sea Side Kota Bengkulu, Rabu (15/8).

Pengelolaan data digital tersebut dapat dilakukan melalui pembuatan aplikasi berbasis offline maupun melalui media online seperti, aplikasi berbasis android maupun Website SIMPATIKA yang dibangun Kementerian Agama (https://simpatika.kemenag.go.id)

Dengan pengelolaan data secara digital, Menurut Bustasar Validasi dan sistem pencarian data juga menjadi mudah sehingga lebih efektif dan efisien.

“Pengelolaan Data Madrasah itu berada dipundak bapak dan ibu sekalian operator Simpatika, jadi¬† pastikan data Simpatika terupdate dan dapat dipertanggungjawabkan,” katanya.

Sementera itu Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Bengkulu, Dr.H.Junni Muslimin, MA mengatakan Workshop yang digelar selama 2 hari tersebut diikuti oleh 30 orang peserta yang merupakan para admin/operator Simpatika Madrasah di Kabupaten/Kota.

Menurut dia, dengan adanya Simpatika setiap madrasah memiliki kewajiban untuk mengupdate data madrasah atau data Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PTK) setiap semester dan mengaktifkan database masing-masing madrasah.

Lebih lanjut Simpatika merupakan kelanjutan dari program Padamu Negeri yang dirintis Kemendikbud sejak 20 Mei 2013 hingga Juni 2015 lalu.

Melalui layanan Simpatika, Kemenag mengembangkan beragam program kerja untuk kepentingan PTK Kemenag, meliputi: Digitalisasi fortopolio PTK, VerVal NRG, VerVal Inpasing, NPK, Alih tugas tambahan, SKMT dan SKBK Online, Seleksi sertifikasi guru Kemenag, Registrasi UKG dan beragam program lainnya.

“Layanan simpatika memiliki peran penting, untuk itu dengan workshop ini diharapkan semua permasalahan terkait Simpatika dapat diselesaikan dan data seluruh madrasah di Provinsi Bengkulu dapat terupdate untuk selanjutnya dapat dijadikan pedoman dalam mengambil kebijakan,” paparnya.(ZUARDI)

Bagikan

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
BENGKULUPOST.CO.ID adalah Situs Berita Online yang mempublikasikan informasi harian secara Real Time. BENGKULUPOST.CO.ID berbadan hukum PT Megapers Media Informasi.Akta Notaris No.39 Tanggal 29 Juni 2016 ,Elia Heriani,SH,M.Kn,Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. AHU-0016578.AH.01.11.tahun 2016 Tanggal 11-07-2016 NPWP: 76.471.666.8-327.000 Telpon.: 0822 9011 3369/0822 9011 3379

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed