oleh

WOW OKNUM PUNGLI DI SALAH SATU LEMBAGA PLS KENA OTT

banner 728x90

KEPAHAING- Kamis 09 Agustus 2018 sekira jam 15.00 WIB telah dilakukan tangkap tangan (OTT) terhadap Ketua dan tutor PKBM Alena Smart School di Kantor PKBM Desa Tebat Monok Kecamatan Kepahiang kabupaten Kepahiang,yang diduga melakukan pungutan liar terhadap penerima PIP.

Dalam kaitan ini telah di konfirmasi beberapa orang saksi mata antara lain :

1.Sari Patmawati, 22 thn,  ( Penerima PIP)                                                                                                                              2. ILA ARYANTI, 22 thn, Ds.Suro Baru ( penerima PIP )                                                                                                                                 3. SANDI SOPIANSYAH , 23 Thn , Ds.Ujan Mas Bawah ( Penerima PIP )                                                                                                  4. DESTRIANI, 21 thn, Ds.Bumi Sari ( Penerima PIP )                                                                                                                                 5. POPI ARIANDA, 20 thn , Ds.Ujan Mas Bawah ( Penerima PIP )                                                                                                                 6. VIKA LIZAWATI, 33 thn, Ds.Ujan Mas Atas ( Penerima PIP )                                                                                                                            7. Slamet Firmasnyah , 27 Thn , Ds.Bumi Sari ( Penerima PIP )                                                                                                                       8.SYAHID AMRI AL ASRI , 23 thn, Ds.Bumi Sari ( Penerima PIP )                                                                                                                          9. Firmansyah, 22 thn, Ds.Suro Muncar ( Penerima PIP )

Merupakan terlapor kegiatan tersebut adalah ,Yufeti ( Ketua PKBM) adalah seorang ANS yang berprofesi sebagai guru di salah satu sekolah menengah pertama di bilangan kabupaten kepahiang  guru/pns smp 2 kepahiang ,Alamsyah ( tutor pkbm) juga merupakan seorang tenaga pengajar di salah satu SMk di kepahiang yang juga adalah ANS, Siti Maretha (tutor) juga berprofesi sebagai guru di salah satu SMP di kepahiang sebagai tenaga pengajar di sekolah tersebut.

Barang bukti uang sebanyak Rp. 10.800.000,-(sepuluh juta delapan ratus ribu rupiah) telah diamankan aparat kepolisian Polres Kepahiang.

Pada hari kamis tanggal 09 Agustus 2018 sekira pukul 14.30 wib Kasat Reskrim mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa di Kantor PKBM ALENA SMART SCHOOL yang terletak di Desa  Tebat Monok Kecamatan Kepahiang kabupaten  Kepahiang terjadi pemotongan uang yang diterima oleh penerima PIP ( Program Indonesia Pintar ).Selaku peserta didik pada PKBM Alena School yang terletak di Desa Tebat Monok Kecamatan Kepahaing , yang dikucurkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Bank BNI Cabang Kepahiang ,informasi pencairan tersebut didapat dari koordinator dari kementeian Dikbud RI Kepada para Ketua PKBM,  kemudian info tersebut diteruskan kepada penerima PIP yg merupakan anggota didik di PKBM Alena Smart School, yang mana uang tersebut dicairkan melalui rekening masing – masing penerima PIP , pada saat penarikan uang PIP di Bank BNI tersebut para penerima PIP didampingi Oleh Pendamping PIP , masing – masing penerima PIP mendapat uang sejumlah Rp.1.000.000,- ( Satu Juta Rupiah ), namun setelah penerima PIP pada PKBM tersebut yang berjumlah  18 orang sudah melakukan penarikan uang, maka peserta didik seluruhnya dikumpulkan di Kantor PKBM Alena Smart School  oleh pedamping PKBM dengan maksud untuk memungut uang yang diterima masing – masing penerima PIP anggota PKBM  ,masing – masing peserta didik dipungut uang sebesar Rp.600.000,- ( enam Ratus Ribu Rupiah ) dari masing – masing dengan alasan untuk biaya Kursus Jahit , Komputer dan listrik sedangkan  seharusnya  uang tersebut untuk operasional peserta didik di PKBM dan tidak boleh dilakukan pemotongan,menyikapi hal tersebut maka   Kasat reskrim , Kanit Tipikor, Kanit Pidum beserta anggota melakukan kegiatan  tangkap tangan kegiatan pungutan tersebut karena  dan dalam kegiatan tersebut diamankan uang sejumlah Rp.10.800.000,- ( Sepuluh Juta Delapan Ratus Ribu Rupiah ) yang merupakan uang hasil pemotongan,serta mengamankan  9 orang dibawa ke Polres untuk dilakukan pemeriksaan

Modus operandinya dengan cara  melakukan pemungutan dengan alasan untuk biaya kursus sedang kan kursus tersebut tidak pernh diadakan.

Pasal 3 UU RI 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UURI 20 thn 2001  tentang  pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Perdirjen Pendidikan Dasar dan menengah Nomor 05 / D / BP / 2018.(STV)

Bagikan

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
BENGKULUPOST.CO.ID adalah Situs Berita Online yang mempublikasikan informasi harian secara Real Time. BENGKULUPOST.CO.ID berbadan hukum PT Megapers Media Informasi.Akta Notaris No.39 Tanggal 29 Juni 2016 ,Elia Heriani,SH,M.Kn,Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. AHU-0016578.AH.01.11.tahun 2016 Tanggal 11-07-2016 NPWP: 76.471.666.8-327.000 Telpon.: 0822 9011 3369/0822 9011 3379

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed