oleh

7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Stretch Marks Setelah Melahirkan

banner 728x90

BENGKULUPOST.CO.ID-Stretch mark adalah masalah umum yang ditemukan di kalangan wanita, khususnya mereka yang sudah melahirkan. Stretch mark bisa muncul di bawah perut, paha, pinggul, atau payudara. Stretch marks bisa berkembang karena perubahan hormon pada saat hamil. Tidak heran kalau setelah melahirkan, menghilangkan stretch marks jadi salah satu masalah yang paling sering dihadapi wanita. Lalu bagaimana cara alami menghilangkan stretch marks setelah melahirkan?

Apakah stretch marks yang muncul setelah hamil bisa hilang?

Stretch marks sebenarnya tidak bisa sepenuhnya dihilangkan secara instan, apalagi hanya dengan bahan alami. Akan tetapi, warna stretch marks ini bisa dipudarkan seiring berjalannya waktu. Dilansir dari laman Mom Junction, penggunaan krim, losion, atau minyak sebenarnya tidak membuat stretch marks akan hilang seutuhnya. Tujuan utamanya adalah membuat kulit yang mengalami stretch mark itu lebih halus dan lentur.

Selama berbulan-bulan dan bisa juga bertahun-tahun tanda-tanda ini secara bertahap akan berubah menjadi garis yang semakin halus, mendekati warna kulit Anda.

Lamanya akan berbeda-beda pada setiap orang, sebab sifat genetik juga berperan dalam membentuk stretch marks di kulit.

Bahan alami untuk membantu menghilangkan stretch marks

Ada banyak bahan yang bisa bantu menghilangkan stretch marks Anda. Memang belum ada bukti ilmiah mengenai seberapa efektif bahan-bahan tersebut. Namun, bila Anda tidak memiliki alergi terhadap bahan-bahan di bawah ini, Anda bisa mencobanya dengan aman.

1. Minyak zaitun, castor, dan kelapa

extra virgin olive oil

Minyak zaitun berfungsi untuk melembapkan dan mengeksfoliasi kulit (mengangkat sel kulit mati). Pijatan dengan minyak zaitun bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menyamarkan stretch marks. Cara penggunaannya:

  • Ambil sedikit minyak di telapak tangan dan pijat lembut di area yang muncul stretch mark
  • Diamkan selama 30 menit agar vitamin A, D, dan E dalam minyak terserap ke dalam kulit
  • Mandi setelah dipijat
  • Lakukan secara teratur

Selain itu, Anda juga bisa mencoba menggunaakn minyak castor. Cara menggunakannya:

  • Oleskan minyak castor pada tangan dan pijat lembut area yang mengalami stretch marks tersebut. Lakukan gerakan pijat memutar sekitar 5-10 menit
  • Tutup area tersebut dengan kantong plastik bersih dan tempelkan botol air panas di atasnya selama 30 menit. Gerakkan botol tersebut, tidak hanya pada satu area saja. Panas akan membuka pori-pori dan minyak bisa lebih mudah terserap ke dalam pori-pori.
  • Bersihkan area yang diberikan minyak dan ulangi setiap hari.

Minyak kelapa juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan stretch marks. Cara menggunakannya:

  • Ambil minyak kelapa murni secukupnya dan oleskan ke bagian stretch marks.
  • Pijat bagian stretch mark dengan minyak ini selama setidaknya 30 menit.
  • Lakukan secara teratur.

2. Lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya membantu mempercepat proses penyembuhan dan memiliki efek yang menenangkan kulit. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya untuk membantu mempercepat proses memudarkan stretch marks. Caranya cukup gosokkan langsung gel lidah buaya ke kulit dan diamkan selama 15 menit. Selanjutnya, bilas dengan air hangat.

3. Madu

minum madu

Anda juga bisa menghilangkan stretch marks menggunakan madu asli. Madu bersifat sebagai antiseptik untuk mengurangi stretch marks. Anda bisa menggunakan madu sebagai scrub. Campurkan madu dengan garam dan gliserin. Kemudian oleskan pada bagian garis halus yang ingin Anda hilangkan. Biarkan hingga kering dan bilas bersih menggunakan air.

4. Putih telur

Putih telur mengandung protein yang bisa membantu peremajaan sel kulit dan membantu meregenerasi kulit sehingga tampak lebih cerah. Cara menggunakan putih telur untuk memudarkan stretch mark:

  • Kocok putih telur.
  • Bersihkan dahulu bagian stretch mark yang akan diolesi putih telur.
  • Olesi kulit yang muncul stretch mark dengan kuas.
  • Biarkan kering lalu bilas menggunakan air dingin.
  • Selanjutnya, oles minyak zaitun untuk menjaga kulit tetap lembap dan kenyal.

Ulangi cara ini setiap hari untuk membantu mencerahkan kulit Anda dan memudarkan warna stretch mark secara perlahan-lahan.

5. Gula

mitos tentang gula

Anda juga bisa memudarkan warna stretch marks dengan menggunakan gula di rumah Anda. Jadikan gula sebagai scrub yang akan mengangkat sel kulit mati di atas stretch mark Anda sehingga warna stretch mark akan semakin pudar. Caranya:

  • Ambil satu sendok teh gula, campurkan dengan minyak pijat dan beberapa tetes perasan lemon.
  • Gosokkan campuran tersebut setiap sebelum mandi.
  • Lakukan ini secara teratur sebelum mandi dan membilas tubuh.

6. Perasan lemon

air lemon untuk maag

Sifat asam dari lemon ini yang bisa membantu membersihkan stretch mark. Cara menggunakannya cukup mudah, gosokkan saja perasan sari lemon selama 10 menit pada area yang ada stretch mark. Kemudian bilas menggunakan air hangat. Lakukan yang rutin untuk hasil yang maksimal.

7. Kentang

Kentang mengandung polifenol dan karotenoid yang dapat membantu memperbaiki tekstur kulit. Untuk memudarkan stretch mark yang timbul pasca hamil, Anda bisa mencoba memanfaatkan kentang. Cara menggunakannya cukup mudah:

  • Potong kentang menjadi dua.
  • Gosokkan setengah kentang di atas stretch mark.
  • Diamkan dahulu hingga mengering, kemudian bilas menggunakan air hangat.(REDAKSI)
Bagikan

Tentang Penulis: Adjie Satria

Gambar Gravatar
BENGKULUPOST.CO.ID adalah Situs Berita Online yang mempublikasikan informasi harian secara Real Time. BENGKULUPOST.CO.ID berbadan hukum PT Megapers Media Informasi.Akta Notaris No.39 Tanggal 29 Juni 2016 ,Elia Heriani,SH,M.Kn,Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. AHU-0016578.AH.01.11.tahun 2016 Tanggal 11-07-2016 NPWP: 76.471.666.8-327.000 Telpon.: 0822 9011 3369/0822 9011 3379

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed