oleh

BUPATI CANANGKAN BBGRM KE-XV TAHUN 2018

banner 728x90

EMPAT LAWANG-BUPATI Empat Lawang, H Syahril Hanafiah mencanangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XV dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 46 Kabupaten Empat Lawang tahun 2018, di Hotel Kito Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, Senin (25/6/2018)
Acara yang mengambil tema “Dengan pencanangan Bulan Bhakti Gotongroyong Masyarakat ke XV dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak ke 46 Kabupaten Empat Lawang, Kita tingkatkan peran proaktif masyarakat dalam membangun integritas sosial, kerukunan keluarga dan lingkungan demi mewujudkan Indonesia damai” ini dihadiri Bupati Empat Lawang, Ketua TP PKK Kabupaten Empat Lawang, Ketua Adiyaksa Dharmakartini Kabupaten Empat Lawang, Pejabat OPD dan Camat, pengurus TP PKK tingkat kecamatan dan desa serta Kades se Kabupataten Empat Lawang bersama tamu undangan lain.
Pencanangan yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah diisi dengan pembagian penghargaan kepada para pemenang berbagai perlombaan desa dan PKK tingkat Kabupaten Empat Lawang, juga dilakukan pemotongan tumpeng sebagai bentuk perayaan hari kesatuan gerak PKK Kabupaten Empat Lawang, oleh Ketua TP PKK Kabupaten Empat Lawang, Hj Fariha Syahril.
Dalam sambutannya, Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah mengatakakan, Dana Desa (DD) yang digelontorkan pemerintah pusat ke setiap desa diperuntukan melaksanakan pembangunan di desa. DD sebut dia, bukan untuk kepala desa namun untuk membangun desa.
“Salah satunya, (peruntukan DD, red) dapat digunakan untuk membiayai kegiatan bulan bhakti gotongtoyong masyarakat, pembangunan-pembangunan di desa dibiayai oleh anggaran pemdapatan belanja desa masing-masing,” jelasnya.
Kegiatan BBGRM ini merupakan suatu evaluasi atau mencari kegiatan-kegaiatan apa saja yang dilaksanakan di desa-desa dan apa saja yang belum dilaksanakan. “Nah itulah perlu dilaksanakannya suatu diskusi dan mempelajari antar desa untuk mensinergikan pembangunan dalam rangka memndukung pembangunan di Kabupaten Empat Lawang ini. Itu intinya,” kata Syahril.
Sampai dimana suatu pembangunan di desa, lanjut Syahril, yang tahu adalah Kepala Desa dan perangkat desa. “Perlu saya ingatkan, dalam melaksanakan pembangunan di desa, kepala desa tidak sendirian, kepala desa dibantu perangkat desa, bermusyawarah bersama sehingga didapat kesepakatan untuk menentukan pembagunan sesuai dengan dana yang ada,” terangnya.
Lebih lanjut Syahril menjelaskan, keberhasilan pembangunan di Kabupaten Empat Lawang, kuncinya ada di desa. Jika pembangunan di desa-desa berhasil, maka secara keseluruhan pembagunan di Kabupaten Empat Lawang juga sukses.
“Makanya saya ingatkan, kades-kades harus pandai memanfaatkan dana desa untuk kemajuan di desanya. Dengan berbagai program untuk mendukung kemajuan-kemajuan yang ada di desanya,” urainya.
Sementara itu dalam laporanya selaku pelaksana kegiatan, Pj Kepala DPMDP3A Kabupaten Empat Lawang, Bambang Irawan menyampaikan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini agar para kepala desa/lurah dapat melakukan kegiatan mussyawarah dengan melibatkan perangkat desa/lurah dan LPMD, untuk menetapkan program kegiatan pembangunan di desa/kelurahan. Baik itu sosial kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat sebagai bentuk gotongroyong dalam perencanaan pembangunan desa/kelurahan.
“Kepala Desa atau Lurah, menjadikan azaz gotongroyong dalam melaksanakan percepatan pembangunan dan kesejahteraan keluarga di desa. Agar program kerja desa/lurah lebih terarah ke kesejahteraan bersama, agar menghidupkan budaya gotongroyong dan bersifat padat karya guna menunjang kesatuan dan kesejahteraan bersama,” paparnya.
Lanjut dia, Kepala Desa dan Lurah harus bersinergi dengan pegurus TP PKK di desa/kelurahan dengan semangat kebersamaan dan gotongroyong. “Pencapaian tertib admistrasi keuangan desa dengan semangat gotongroyong dalam pelaksanaan pembangunan desa,” tandasnya.(IWAN MURSI/ADV)

Bagikan

Tentang Penulis: Adjie Satria

Gambar Gravatar
BENGKULUPOST.CO.ID adalah Situs Berita Online yang mempublikasikan informasi harian secara Real Time. BENGKULUPOST.CO.ID berbadan hukum PT Megapers Media Informasi.Akta Notaris No.39 Tanggal 29 Juni 2016 ,Elia Heriani,SH,M.Kn,Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. AHU-0016578.AH.01.11.tahun 2016 Tanggal 11-07-2016 NPWP: 76.471.666.8-327.000 Telpon.: 0822 9011 3369/0822 9011 3379

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed