oleh

Info Tarif Toll Jakarta – Surabaya untuk mudik lebaran 2018

banner 728x90

INFO,BENGKULUPOST.CO.ID- Sudah tahukah Anda kalau pertanggal 31 Oktober 2017 seluruh pembayaran tol di seluruh Indonesia harus menggunakan kartu e-money? Berita ini sudah di informasikan secara resmi oleh Bank Indonesia (BI) dan diumumkan di website resminya.

Bayar tol dengan e-money sebetulnya bukan hal baru, hanya saja tadinya hal ini hanya berlaku di tol tertentu saja. Mulai Oktober nanti, semua tol akan otomatis menerapkan sistem pembayaran cashless alias nontunai, yakni menggunakan kartu e-money. Nantinya, Anda tak perlu repot lagi menyiapkan uang tunai untuk membayar tol. Cukup sediakan kartu e-money yang sudah terisi saldo tentunya.

Kartu e-money (electronic money) adalah kartu yang memiliki fungsi sebagai uang digital. Kartu e-money ini termasuk dalam kartu prabayar yang memiliki nilai uang yang tersimpan secara elektronik dalam media server atau chip. Saldo di kartu e-money adalah nilai dari uang Anda yang tersimpan, uang di e-money bisa digunakan untuk beragam pembayaran di merchant / toko yang menerima pembayaran dengan e-money.

Apakah Anda sudah punya e-money ? atau Anda belum tahu e-money itu apa? dan masih bingung di mana cara membeli e-money? Simak ulasan seputar e-money berikut ini.

E-Money Yang Bisa Digunakan Sebagai E-Toll

Gambar terkait
kartu e-money yang bisa digunakan untuk membayar tol

Ternyata, tidak semua e-money dapat digunakan sebagai E-Toll. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dalam memilih e-money untuk membayar tol dengan metode cashless. Jangan sampai sudah sampai berada di pintu tol untuk membayar, ternyata kartu yang digunakan tidak bisa untuk membayar tol. Hal tersebut sungguh sangat menyebalkan, belum lagi ada antrean mobil di belakang. Anda tentu tidak bisa mundur.

Ada beberapa kartu e-money yang disarankan untuk membayar E-Toll. Apa saja?

  • E-Toll Card BPJT. Merupakan e-money keluaran Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).
  • Mandiri E-Money. Merupakan e-money keluaran Bank Mandiri.
  • BRI Brizzi. Merupakan e-money keluaran Bank BRI.
  • BNI Tapcash. Merupakan e-money keluaran Bank BNI.
  • BTN Blink. Merupakan e-money keluaran Bank BTN.
  • BCA Flazz. Merupakan e-money keluaran Bank BCA.
  • Gaz Card. Merupakan e-money keluaran Bank Mandiri.
  • Indomart Card. Merupakan e-money keluaran Bank Mandiri.

Keunggulan Bayar Tol dengan E-Money

Memiliki e-money untuk pembayaran tol memiliki banyak keunggulan yang memudahkan peggunanya. Apa saja?

  • Tidak Perlu Antre Panjang

Beruntung bagi Anda yang sudah sejak lama menggunakan e-money sebagai metode pembayaran jalan tol. Ini karena Anda sudah merasakan manfaatnya sejak lama, yaitu tidak perlu mengantre panjang di gerbang tol. Gardu tol yang melayani pembayaran tunai cenderung lebih panjang antreannya dibandingkan Gerbang Tol Otomatis (GTO).

  • Tidak Usah Membawa Uang Tunai Berlebih

Kini, Anda tidak perlu lagi repot-repot mengumpulkan “uang kecil” untuk membayar tol, atau membawa uang lebih di dompet. Tinggal isi ulang saja saldo e-money Anda sesuai kebutuhan, maka kartu e-money pun siap dibawa bepergian.

  • Proses Pembayaran Cepat

pembayaran tol e-tolltapping kartu e-money pada saat pembayaran tol non tunai via mbandung.com

Karena metode pembayaran yang digunakan cashless, proses transaksi di gerbang tol pun semakin cepat. Ini karena Anda tinggal menempelkan kartu pada gardu tol otomatis dan palang gerbang tol pun akan otomatis terbuka.

  • Tidak Repot Mengurus Kembalian

Apabila menggunakan uang pecahan besar, semisal Rp50.000 dan Rp100.000 untuk membayar tol, pastinya Anda akan menerima uang kembalian. Kadang para pengemudi agak kerepotan mengurus uang kembalian ini, terlebih uang receh. Mereka diharuskan fokus dalam menyetir mobil, jadi kadang uang kembalian asal diletakan saja pada dashboardmobil.

  • Bisa Menggunakan E-Toll Pass

Apa itu E-Toll Pass? E-Toll Pass merupakan sebuah mesin yang dipasangkan di sisi atas dashboard mobil dekat kaca depan untuk melakukan pembayaran tol secara otomatis. Sehingga, pengemudi tidak lagi repot untuk membuka kaca dan menempelkan kartu E-Toll pada gardu tol.

Bagaimana caranya? Tempelkan kartu e-money pada E-Toll Pass, melaju lah pada gerbang tol yang memiliki E-Toll Pass reader, gerbang tol akan secara otomatis membaca kartu e-money pada mobil Anda dan memotong saldo sesuai harga tol yang dilalui. Kemudian, palang gardu pun terbuka secara otomatis. Praktis, bukan?

Sayangnya, belum semua pintu tol menerapkan sistem seperti itu. Mungkin di suatu hari nanti semua gerbang tol sudah dilengkapi dengan sistem tersebut, seiring dengan peraturan pemerintah yang mengharuskan seluruh pembayaran tol lewat kartu.

Cara Membeli E- Money beli e-toll

miliki kartu e-money untuk pembayaran tol via aktual.com

Kisaran harga kartu e-money adalah Rp20.000,- itu hanya harga kartu saja, belum termasuk saldonya. Berikut tempat-tempat resmi yang menjual kartu e-money?

  • Bank Penerbit e-money. Ada beberapa bank yang menerbitkan e-money yang kemudian bisa digunakan sebagai e-money, seperti Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA  dan BTN. Anda tinggal datang ke kantor cabang terdekat, lalu tanyakan pada customer service bank terkait pembuatan e-money.
  • Kantor Gerbang Operator Tol. Anda juga bisa membeli kartu e-toll di kantor gerbang operator tol. Caranya, datang langsung ke kantor tersebut, lalu tanyakan langsung kepada petugas setempat untuk beli e-toll.
  • Minimarket. Anda juga bisa membeli kartu e-money di minimarket dekat rumah, seperti Alfamart, Alfamidi, Indomart, Lawson, dan Circle K. Umumnya, mereka menjual kartu e-money sekaligus menyediakan fasilitas top-up.
  • Di Gerbang Tol. Terkadang, Anda bisa menemukan petugas jalan tol yang menjual e-toll di sela-sela antrean keluar gerbang tol. Tujuannya, untuk mempermudah pengemudi yang belum memiliki kartu ini membelinya. Namun, tidak semua gerbang tol tersedia petugas penjual e-money. Jadi, jangan jadikan gerbang tol sebagai pilihan utama dalam membeli e-money.

Tempat Mengisi Ulang E-Money 

Terdapat banyak tempat untuk melakukan top-up saldo pada e-money, di mana sajakah?

1. Minimarket

Menjamurnya minimarket di daerah pemukiman penduduk membuat orang mudah melakukan top-up pada E-Money. Pasalnya, minimarket seperti Alfamart, Alfamidi, Indomart, Lawson, dan Circle K menyediakan fasilitas isi ulang E-Money. Jadi, tidak usah repot-repot lagi mencari tempat mengisi ulang e-money.

Caranya, langsung datangi kasir minimarket yang dikunjungi. Kemudian, katakan pada kasir bahwa Anda ingin mengisi ulang e-money, kasir akan menanyakan nominal saldo yang akan di top-up. Pembayaran bisa dilakukan lewat kartu debit, kartu kredit, maupun tunai.

2. ATM

isi ulang e-moneyisi ulang e-money di mesin ATM via merdeka.com

Selain di minimarket, Anda juga dapat melakukan top-up kartu e-money di ATM yang memiliki logo e-money. Pada mesin ATM yang bisa melakukan isi ulang terdapat reader yang dapat membaca e-money. Pilihlah ATM penerbit e-money Anda agar tidak dibebankan biaya admin nantinya

Caranya, masukan kartu debit ke ATM, pilih menu pembayaran e-money. Masukan nominal saldo yang akan diisikan. Selanjutnya, tempelkan kartu e-money pada reader yang sudah disediakan. Mesin ATM akan membaca data dari kartu tersebut. Tunggu hingga proses selesai, kartu Anda pun telah selesai diisi ulang.

Catatan, jangan pernah masukan kartu e-money ke dalam mesin ATM karena yang dimasukan tetap kartu debit. Hal tersebut nantinya akan membuat kartu e-money tertelan dan tidak akan bisa keluar dari mesin ATM.

3. Gerbang Tol

Di beberapa gerbang tol, khususnya Jakarta meyediakan fasilitas isi ulang e-money langsung pada gerbang tolnya. Namun, fasilitas ini masih terbatas karena baru beberapa gerbang tol yang menyediakan fasilitas ini. Beberapa gerbang tol yang menyediakan fasilitas ini adalah.

  • Gerbang Tol Bekasi Barat
  • Gerbang Tol Cengkareng
  • Gerbang Tol Cililitan
  • Gerbang Tol Meruya Selatan
  • Gerbang Tol Ciledug
  • Gerbang Tol Joglo
  • Gerbang Tol Pondok Ranji
  • Gerbang Tol Halim
  • Gerbang Tol Cibubur
  • Gerbang Tol Dukuh 1
  • Gerbang Tol Pasar Rebo
  • Gerbang Tol Lenteng Agung 2
  • Gerbang Tol Fatmawati 2
  • Gerbang Tol Pondok Pinang
  • Gerbang Tol Ramp Cikupa
  • Gerbang Tol Cikupa
  • Gerbang Tol Serang Timur
  • Gerbang Tol Pondok Aren (arah BSD)
  • Gerbang Tol Ungaran
  • Gerbang Tol Salatiga

Caranya, Anda tinggal mengantre di gardu yang terdapat tanda bisa isi ulang e-money. Setelah sampai di gardu, katakan pada operator tol bahwa Anda ingin top-up dan sebutkan nominal saldo yang diinginkan. Berikan kartu e-money dan uang tunai ke operator. Nantinya saldo kartu akan otomatis terpotong sesuai harga tol yang harus dibayarkan.

Catatan, walaupun gerbang-gerbang tol di atas menyediakan fasilitas isi ulang kartu, namun tidak semua gardu pada gerbang tol tersebut bisa melakukan isi ulang. Oleh sebab itu, mengantre lah di barisan gardu yang memiliki tanda top-up.

4. Halte Transjakarta

Taukah Anda bahwa di halte Transjakarta juga bisa melakukan top up E-Toll? Karena E-Toll merupakan bagian dari e-money, cara mengisi ulangnya pun sama. Kartu E-Toll pun bisa digunakan untuk membayar ongkos busway. Jika ternyata halte Transjakarta lebih dekat dibanding ATM atau minimarket, isi ulanglah E-Toll Anda di sini.

Caranya, langsung datang ke loket Transjakarta yang berada dalam halte. Mintalah petugas Transjakarta untuk mengisikan E-Money Anda. Biasanya, mengisi ulang E-Money di halte dikenakan biaya administrasi sebesar Rp2.000.

5. Loket Stasiun KRL

Sama seperti halte Transjakarta, loket stasiun KRL pun menyediakan fasilitas isi ulang e-money. Hal tersebut karena KRL di Jakarta sudah menggunakan sistem cashless dalam pembayarannya. Jadi, kartu E-Toll pun dapat di-top-up di stasiun.

Caranya, hampir sama dengan mengisi ulang E-Toll di halte Transjakarta. Anda tinggal datang ke loket dan sebutkan nominal saldo yang akan diisikan. Petugas pun akan meminta kartu Anda untuk diisi ulang.

Cara Isi Ulang E-Money Gratis

Taukah Anda? Setiap transaksi isi ulang e-money akan dikenakan biaya administrasi. Besaran biayanya bervariatif dan kebijakan ini masih dirapatkan oleh Bank Indonesia. Akan tetapi ada cara gratis untuk isi ulang e-money. Bagaimana caranya? Cukup lakukan top-up pada bank penerbit kartu e-money tersebut, Anda akan terbebas dari biaya administrasi. Misalnya, penerbit kartu e-money Anda adalah Bank A, maka lakukan top-up pada mesin ATM Bank A.

Tarif Tol Naik 8 Desember 2017

Sudah taukah Anda bahwa tarif tol akan naik serentak besok tanggal 8 Desember 2017?  Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam Undang-Undang No.38 tahun 2014 Pasal 48 ayat 3 tentang Jalan Tol, tarif tol akan disesuaikan dalam kurun waktu dua tahun sekali.

Lalu berapa kenaikan yang dikenakan? Biaya kenaikan tarif tol menurut Menteri PUPR tidalah begitu tinggi, yaitu di angka Rp500-1.500. Hal ini menurut beliau karena laju inflasi yang tidak begitu tinggi di tahun ini. Untuk kendaraan golongan I bahkan ada yang tidak terkena imbas kenaikannya tarif tol ini.

Ada sembilan ruas tol yang mengalami kenaikan tarif antara lain:

  1. Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa
  2. Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa
  3. Tol Cawang-Tomang-Grogol-Pluit
  4. Tol Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Pluit
  5. Tol Serpong-Pondok Aren
  6. Tol Palimanan-Plumbon-Kanci
  7. Tol Surabaya-Gempol
  8. Tol Semarang A,B, dan C
  9. Tol Ujung Pandang Tahap I dan II

Untuk tol dalam kota (Cawang-Tomang-Grogol-Pluit dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Pluit), rincian tarif naiknya adalah sebagai berikut:

  • Golongan I: Rp9.000 menjadi Rp9.500
  • Golongan II: Rp11.000 menjadi Rp11.500
  • Golongan III: Rp14.500 menjadi Rp15.500
  • Golongan IV: Rp18.000 menjadi Rp19.000
  • Golongan V: Rp21.500 menjadi Rp23.000

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Pastikan Saldo E-Money Cukup Sebelum Masuk Tol

Inilah hal terpenting dalam menggunakan e-money dalam membayar transaksi jalan tol. Pastikan saldo dalam kartu cukup, atau setidaknya isi ulang dulu sebelum masuk tol. Coba bayangkan jika ternyata saldo tidak cukup, Anda tidak bisa keluar dari jalan tol. Efeknya, Anda akan membuat macet antrean keluar jalan tol.

Selain itu, berkat kebijakan penggunaan e-money untuk pembayaran tol, kini marak beredar tongtol. Apa itu tongtol? tongtol adalah singkatan dari tongkat tol, fungsinya untuk memudahkan pengemudi untuk melakukan tapping pada gerbang tol otomatis. Bentuknya mirip alat pemukul nyamuk.

Cara kerjanya, nanti kartu e-money ditempelkan pada ujung tongtol, lalu saat berada di Gerbang Tol Otomatis (GTO), Anda tinggal menjulurkan tongkat ini ke mesin reader. Jadi Anda tidak perlu repot-repot lagi menjulurkan tangan panjang-panjang untuk melakukan tapping pada mesin GTO.

*Info Tarif Toll Jakarta – Surabaya untuk mudik lebaran 2018*

● Jkt – Cikarang utama Rp 9.500
● Cikarang utama – Palimanan Rp 109.500
● Palimanan – Kanci Rp 11.500
● Kanci – Pejagan Rp 24.000
● Pejagan – Pemalang Rp 57.500
● Pemalang – Batang Rp 6.600
● Batang -Semarang (fungsional) *gratis*
● Semarang – Salatiga Rp 40.400
● Salatiga – Kartosuro (Solo) fungsional *gratis*
● Solo – Ngawi Rp 117.500
● Ngawi – Nganjuk Wilangan Rp 64.500
● Nganjuk Wilangan – Kertosono (fungsional) *gratis*
● Kertosono – Mojokerto Rp 28.000
● Mojokerto – Surabaya Rp 38.000

*Perkiraan tarif tol* :
★ Jkt – Solo Rp 259.000
★ Solo – Surabaya Rp Rp 248.000
★ Jkt – Surabaya Rp 507.000

Semoga bermanfaat untuk mudik lebaran 2018. Dan *jangan lupa isi kartu E-Toll* yg cukup.

NOMOR TELEPON PENTING UNTUK MUDIK LEBARAN

TELEPON JALAN TOL
Call Center Jasa Marga (021) 80880123, 80883210
SMS Center Info Jalan Tol 0813 8006 8000
Tol Jakarta–Bandung 021 80880123
Tol Semarang 024 7607777
Tol Surabaya 031 7879999 / 031 7878080
Tol Belmera 061 6611701
Tol Palikanci 0231 484268

PELABUHAN DAN BANDARA
Bandara Polonia dan Pelabuhan Belawan 061 694718/061 694718
Pelabuhan Palembang 0711 420103
Bandara Raden Intan Lampung 0721 31144
Pelabuhan Merak Banten 0254 571083/0254 572491
Bandara Soekarno Hatta 021 5506068
Pelabuhan Tanjung Priok 021 43931945
Bandara Husain Sastranegara 022 6043378
Pelabuhan Cilacap 0282 534825
Pelabuhan Semarang 024 3543424
Bandara Adi Sucipto Yogyakarta 031 3293231 / 031 3293554
Pelabuhan Probolinggo dan Pelabuhan Bayuwangi
0335 421917
Pelabuhan Gili Manuk Denpasar dan Bandara Ngurah Rai 0361 93510433

KEPOLISIAN
Ditlantas Polri (021) 798 9702, SMS : 9119
Polsek Jonggol (021) 899 31174
Polsek Merak (0254) 571210
Polsek Karawang (0267) 402204
Polsek Karawang (0267) 402516
Polsek Pabuaran (0260) 711873
Polres Subang (0260) 411209
Polsek Nagrek (022) 794310
Polsek Ciasem (0260) 520 110
Polsek Pamanukan (0260) 551110
Polsek Majenang (0280) 621010
Polwil Cirebon (0231) 358 104
Polres Indramayu (0234) 272708
Polsek Kandanghaur (0234) 505510
Polsek Losarang (0234) 505 110
Polsek Lohbener (0234) 274401
Polsek Karangampel (0234) 484210
Pol-pjr jatibarang (0234) 351029
Polsek Juntinyuat (0234) 428007
Polsek Sukra (0234) 610 011
Polsek Arjawinangun (0231) 357110
Polsek Ciwaringin (0231) 342700
Polsek Depok Cirebon (0231)341 101
Polsek Paliman (0231) 341240
Polsek Kedaung (0231) 486722
Polsek Sumpiuh (0287) 71110
Polsek Bumiayu (0289) 432107
Polsek Kutoarjo (0275) 641110
Polres Pekalongan (0285) 91023
Polres Kendal (0294) 381512
Polres Kudus (0291) 433008
Polres Tuban (0356) 322022
Polsek Babat (0322) 453610
Polres Gresik (031) 3981020
Polres Probolinggo (0335) 420925.

 (REDAKSI)

Bagikan

Tentang Penulis: Adjie Satria

Gambar Gravatar
BENGKULUPOST.CO.ID adalah Situs Berita Online yang mempublikasikan informasi harian secara Real Time. BENGKULUPOST.CO.ID berbadan hukum PT Megapers Media Informasi.Akta Notaris No.39 Tanggal 29 Juni 2016 ,Elia Heriani,SH,M.Kn,Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. AHU-0016578.AH.01.11.tahun 2016 Tanggal 11-07-2016 NPWP: 76.471.666.8-327.000 Telpon.: 0822 9011 3369/0822 9011 3379

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed